Kemenkop UKM ingatkan program Ovop bukan proyek

kementerian koperasi serta ukm menginggatkan web one village one product (ovop) bukan proyek, ternyata bertujuan untuk mengembangkan pilihan unggulan daerah dan adalah sumber kebanggaan masyarakat.

melalui situs ovop diinginkan bisa mewujudkan kemandirian, kreativitas serta kesejahteraan warga setempat. pemerintah daerah mesti mendorong warga lebih kreatif juga inovatif, kata deputi jenis pengkajian umkm kementerian koperasi dan ukm i wayan dipta saat sosialisasi dalam padang, jumat.

menurut dia, melalui dorongan pemerintah daerah secara maksimal pelaku usaha mikro serta kecil mampu membuat terobosan di meningkatkan mutu dan produktivitas.

jadi, website ovop jangan disalahartikan cuma lumayan membangun Satu pilihan, karena di ini baru banyak pandangan dan keliru.

Informasi Lainnya:

namun pengembangan koleksi unggulan melalui pendekatan ovop adalah salah Salah satu gaya model sebagai penjabaran kebijakan pemerintah sesuai inpres nomor 6 tahun 2007 tentang kebijakan percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan upaya-upaya mikro, kecil serta menengah.

sasarannya pada peningkatan bisnis pasar koleksi umkm melalui peningkatan efektivitas melalui pengembangan sentra industri kecil juga menengah dengan pendekatan ovop.

program ini diselenggarakan agar membangun koleksi unggulan daerah dan memiliki ciri khas serta keunikan yang mempunyai potensi pasar lokal maupun ekspor, katanya.

jadi, tutur dia, koleksi unggulan lokal disamping dapat merupakan tuan dalam negeri sendiri, juga mendunia berbasiskan nilai serta daya saing dengan proses industri pengolahan selama wilayah basis usaha, seperti pilihan unggulan agroindustri pertanian, perkebunan serta jenis yang lain.

menurut dia, ovop adalah sebuah gerakan serta perkembangannya amat tergantung daripada kerja sama berbagai pemangku kepentingan pada tiap-tiap wilayah.

apabila suatu daerah telah mencanangkan website ini, kata dia, maka kepala daerah bersama semua jajarannya harus gencar mempromosikannya.

dalam pendekatan ovop banyak tiga prinsip utama supaya membangun produk unggulan dan bertujuan meningkatkan, membangun, serta berjualan produk unggulan daerah dan dapat adalah sumber kebanggaan penduduk setempat.

ia mengatakan, dalam dasarnya pendekatan ovop mesti berproses serta berjalan secara bottom up dengan teridentifikasinya problem, potensi, serta kelayakan pengembangan pilihan unggulan selama suatu daerah.

di sini peranan strategis pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kreativitas serta inovasi masyarakat supaya mampu memproduksi produk khas lokal yang sesuai standar internasional, ujarnya.

selain tersebut, pemerintah daerah mesti menganggarkan dasar hukum kepada pengembangan pilihan unggulan, sehingga bisa merupakan dasar terhadap semua satuan kerja perangkat daerah (skpd) kepada terciptanya sinergitas juga keterpaduan selama kegiatan tersebut.

keberhasilan web ovop amat ditetapkan dengan partisipasi aktif seluruh masyarakat dan lintas pelaku yang ada dengan wadah koperasi. sebab tersebut ke depan dicari koperasi untuk wadah dan dapat dipercaya untuk memodernisasi upaya-upaya anggotanya, ujarnya.

kepala dinas koperasi serta ukm sumbar achmad carisma menambahkan aktifitas ovop konsep pokoknya telah banyak sejak tahun 2.000 2012, dan dinilai penting terhadap pengembangan umkm dalam daerah.

kendati itulah, aktifitas ovop tidak mampu cuma mengandalkan dinas koperasi juga ukm, perlu peran instansi lainnya.

perlu sinergitas multi sektor selama menyukseskan website ini. bagaimana dan merupakan arahan kemenkop ukm pasti akan ditindaklanjuti, katanya.